Home

Temukan Informasi Terkini dan Terpercaya di PojokKota.com: Menyajikan Berita dari Sudut Pandang yang Berbeda, Menyajikan Berita Terkini Tanpa Basa-basi! www.pojokkota.com

Surokim Abdussalam,S.sos.,M.si : Hasil Survey Sebagai Salah Satu Penilaian Kinerja Pegawai Publik

 


Surokim Abdussalam,S.sos.,M.si : Hasil Survey Sebagai Salah Satu Penilaian Kinerja Pegawai Publik 


PKAD—Menanggapi terkait hasil survey yang sering kali dijadikan patokan dalam menilai kinerja pejabat publik, Surokim Abdussalam,S.sos.,M.si (Peneliti di Surabaya Survey Center/FISIB Univ.Trunojoyo Madura), menyampaikan bahwa survey hanya salah satu bentuk nilaian terhadap kinerja pegawai publik. 


"Hasil survey adalah salah satu saja dari bentuk nilain terhadap kinerja pegawai publik masih ada penilaian-penilaian lain,"ujarnya dalam Insight Ke-146 Pusat Kajian dan Analisa Data (PKAD) : Rona-Rona Survey Kepuasan : Rakyat Tak Percaya Rezim ini? ( Senin, 7/02/22) di YouTube Pusat Kajian dan Analisa Data. 


Oleh karena itu menurutnya seorang pejabat publik harus elegan membaca hasil survey, ketika hasil survey turun jangan mengamuk dan ketika hasil survey naik jangan terlalu senang. 


"Karena memang faktanya hasil survey itu terikat dengan waktu dan dinamikanya berubah-ubah,"paparnya. 


Kemudian ia mengungkapkan, bahwa survey yang paling jujur adalah survey yang tidak dipublikasikan, menjadi konsumsi internal. 


"Kalau dipublikasikan itu biasanya sudah ada desain dan framing, tapi sekali lagi ini adalah karya akademik, produk-produk metodologi yang dibuktikan dari waktu ke waktu dan ada asosiasi yang mengawasinya,"ungkapnya. 


Kemudian menurutnya hasil survey yang berbasis obyektivitas harus dipisahkan dengan timses pemenangan. Dia seharusnya independen terhadap salah satu kandidat karena akan terjadi bias yang tinggi jika hasil survey ini dirangkap dengan tim pemenangan atau konsultan. 


"Maka menjadi kewajiban masyarakat dan negara untuk menjadikan lembaga survey ini menjadi dipercaya,"tutupnya.[]

Posting Komentar

0 Komentar