Home

PKAD—Pemberitaan terkait latihan bersama (latma) TNI AD dengan Tentara Amerika Serikat viral di media. TNI AD pun menggelar konfrensi pers. Latihan ini merupakan latihan terbesar. Pusat Kajian dan Analisis Data mengdakan diskusi online via zoom dan youtube. Mengangkat tema “Latihan Bersama Garuda Shield Ke-15 Tentara Indonesia Dan Amerika Serikat, Implikasi Kedigdayaan Militerkah?”, Jumat (30/7/2021). Hadir sebagai narasumber Khairul Fahmi (Institute for Security and Strategic Studies), Marsekal Muda TNI (Purn) H. Amirullah Amin (Pengamat Militer), Dr H. Budi Mulyana, S.IP, M.Si (Dosen Hubungan Internasional). Khiarul Fahmi mengungkapkan “Jika ingin membandingkan kekuatan militer AS dengan Indonesia, maka akan terlalu ketinggian. Namun disisi lain, skala Asia Tenggara, Indonesia memiliki statistik kekuatan militer yang terbesar. Setelah Indonesia posisi kedua diisi Vietnam.” Baca berita selengkapnya di www.pojokkota.com

Catat!! Ini Profil Kepribadian Muslim Cegah Kasus Kekerasan Seksual


PKAD - Dalam [LIVE] INSIGHT #111 Pusat Kajian Dan Analisis Data bertajuk "#SAVENOVIAWIDYASARI" dr. Faizatul Rosyidah, M. Ked. Trop menjelaskan pentingnya seorang muslim memiliki profil kepribadian Islam. Hal ini sebagai salah satu upaya individu bentengi diri dari beragam kasus kekerasan seksual. (Rabu, 8/12/21)


Profil seorang muslim beliau sampaikan sebagai kepribadian Islam. Adapun sandaran utamanya berada pada kekokohan aqidah (iman).


"Sandaran seorang muslim yang membangun profil kepribadian Islam awalnya (pondasi) yakni aqidah Islam. Dalam hal aqidah berkaitan dengan keyakinan dia hadir di muka bumi adalah dengan misi penciptaan. Adanya Al Khaliq yang menciptakan yakni Allah SWT.," jelas beliau.


Selain iman yang kokoh, dr. Faizatul Rosyidah juga menambahkan pentingnya bekal tsaqofah untuk memahami aturan Allah SWT. 


"Seperangkat aturan yang Allah SWT. sertakan ia diminta untuk menjalankan dan nantinya akan kembali pada Allah SWT. untuk mempertanggung jawabkannya. Selain itu juga bagaimana ia melakukan amanah pengaturan dari Allah SWT,"tandasnya.


Sebagai salah seorang konsultan parenting dan generasi, beliau menambahkan bahwasanya kesadaran manusia akan hubungannya dengan Allah SWT. merupakan kekuatan spiritual seorang muslim.


"Kesadaran dia dengan Allah SWT. sebagai kekuatan spiritual seorang muslim. Adanya dorongan ruhiyah menjadikannya diawasi dan takut hanya kepada Allah SWT," ungkap beliau.


Oleh karenanya, dr. Faizatul Rosyidah mengokohkan bahwa seharusnya seorang muslim menjaga imunnya dengan didukung tsaqofah sebagai upaya pertahanan nafsu. Karena setiap manusia sesuai fitrohnya memiliki nafsu.


"Imun pada kepribadian Islam pada seorang muslim dibangun oleh iman. Selain itu didukung tsaqofah/pemahaman Islam untuk menundukkan nafsunya. Ini bagian dari kontrol diri yang kuat hubungan dia dengan Allah SWT. sebagai Al khaliq," tegas beliau.[]

Posting Komentar

0 Komentar