Home

Temukan Informasi Terkini dan Terpercaya di PojokKota.com: Menyajikan Berita dari Sudut Pandang yang Berbeda, Menyajikan Berita Terkini Tanpa Basa-basi! www.pojokkota.com

Seruan Jokowi Terkait 5 Poin konsensus ASEAN Untuk Konflik Myanmar, Solutifkah?



PKAD—Senin (24/1/2022) Insight # 131 Pusat Kajian Dan Analisis Data (PKAD), mengupas masalah yang sedang hangat yakni "Konflik Myanmar : Komitmen ASEAN dan Muslim Indonesia?. Menghadirkan tiga narasumber yang kompeten, salah satunya adalah Umar Syarifuddin pemerhati isu - isu politik Internasional.


Umar memaparkan bahwa " Ada dua faktor yang mempengaruhi konflik yang terjadi di Myanmar". Pertama, Internal terkait rezim militer dan kubu oposisi. Kedua, external terkait persaingan yang ketat antara Amerika dan Inggris.


"Pengaruh ASEAN tidak signifikan untuk menyelesaikan perdamaian", tambahnya. Terdapat intervensi Barat di Myanmar sehingga ASEAN sulit memegang Myanmar.


Tanggapan Umar terkait seruan Jokowi tentang 5 poin konsesnsus Asean, "Tidak berpengaruh, kecuali seruan Jokowi diikuti dengan kekuatan militer."


Harapan terhadap Jokowi, " Pertama, menuntut tindakan kriminal yang dilakukan oleh rezim Myanmar. Kedua meminta pertanggungjawaban militer. Ketiga memboikot, embargo ekonomi, pemutusan deplomasi dengan Myanmar. Keempat intervensi untuk menolong muslim disana."


" Solusi Ideologis Islam yang mampu menjawab tuntas semua masalah. Dibutuhkan solusi praktis bukan pragmatis", tutup beliau untuk menyelesaikan masalah komflik yang terjadi di Myanmar.

Posting Komentar

0 Komentar