Home

PKAD—Pemberitaan terkait latihan bersama (latma) TNI AD dengan Tentara Amerika Serikat viral di media. TNI AD pun menggelar konfrensi pers. Latihan ini merupakan latihan terbesar. Pusat Kajian dan Analisis Data mengdakan diskusi online via zoom dan youtube. Mengangkat tema “Latihan Bersama Garuda Shield Ke-15 Tentara Indonesia Dan Amerika Serikat, Implikasi Kedigdayaan Militerkah?”, Jumat (30/7/2021). Hadir sebagai narasumber Khairul Fahmi (Institute for Security and Strategic Studies), Marsekal Muda TNI (Purn) H. Amirullah Amin (Pengamat Militer), Dr H. Budi Mulyana, S.IP, M.Si (Dosen Hubungan Internasional). Khiarul Fahmi mengungkapkan “Jika ingin membandingkan kekuatan militer AS dengan Indonesia, maka akan terlalu ketinggian. Namun disisi lain, skala Asia Tenggara, Indonesia memiliki statistik kekuatan militer yang terbesar. Setelah Indonesia posisi kedua diisi Vietnam.” Baca berita selengkapnya di www.pojokkota.com

PEMUDA DAN MAHASISWA BERGERAK UNTUK SYARIAH

Oleh: Ary Naufal (Founder PIKNIK)

Gerakan politik pemuda dan mahasiswa memiliki energi besar untuk membawa negeri dan peradaban menuju sebuah perubahan. 

Sejarah membuktikan, berbagai kiprah gerakan politik pemuda dan mahasiswa nyata turut andil dalam proses-proses perubahan di dalam negeri.

Pada Periode Pergerakan Nasional dalam Peristiwa Rengasdengklok, para pemuda menculik Soekarno-Hatta guna mendesak mereka untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. 

Pada Periode Orde Lama, para mahasiswa demonstran Angkatan 66 turun aksi yang pada akhirnya berhasil melengserkan Presiden Soekarno.

Pada Periode Orde Baru, gelombang demonstrasi besar-besaran mahasiswa Aktivis 98 akhirnya menurunkan Presiden Soeharto.

Bahkan dalam sejarah peradaban Islam, dakwah Rasul SAW pada Periode Makkah juga disokong para pemuda beriman yang terorganisir rapi bersama Hizburrasul hingga sukses mengakhiri Era Jahiliyah di Jazirah Arab. 

Kini pada Periode Reformasi, Indonesia termasuk dunia sedang terancam bahaya faktual kapitalisme neoliberal yang dikuasai oleh kaum oligarki. 

Untuk itu, kehadiran kembali peran gerakan politik pemuda dan mahasiswa menjadi sangat urgen dan dinanti sebagai katalisator perubahan. 

Agar gagasan perubahan mampu mengantarkan pada kondisi kehidupan yang lebih baik, maka gerakan pemuda dan mahasiswa harus lantang menyuarakan solusi tuntas problematika hidup penggusur kapitalisme. Tiada lain, itulah solusi syariah kaffah.

Posting Komentar

0 Komentar