Home

Temukan Informasi Terkini dan Terpercaya di PojokKota.com: Menyajikan Berita dari Sudut Pandang yang Berbeda, Menyajikan Berita Terkini Tanpa Basa-basi! www.pojokkota.com

Ramadan, Moment Istimewa dalam Mendidik Anak

 


Ramadhan menjadi momen spesial keluarga muslim. Tak terkecuali mengajak anak-anak untuk mengisinya dengan kegembiraan. Mau tak mau, orang tua juga butuh ilmu untuk membersamai anak-anak.  


Karenanya, Rabu (20/3/2024) Webinar Parenting Ways #1 mengupas tuntas “Cara Mendidik Aak Ini Hanya Bisa di Ramadhan”. Hadir sebagai narasumber, Ustadz M Rizky Nafis (Owner Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah Wonoayu). Beliau juga konsultan parenting dan keluarga samara. Acara ini didukung UTHAMA Foundation dan STP Khoiru Ummah Wonoayu Sidoarjo.


Ust Nafis, panggilan akrabnya, mengawali penjelasannya jika mendidik butuh peran serta ayah dan bunda. Tidak bisa membebankan semuanya pada ibu. Membutuhkan kerja sama suami istri.


“Pertama, pahami prosesnya dalam mendidik anak. Kedua, mendampingi perkebangan anak. Ketiga, mengevaluasi tiap saat bersama pasangan. Keempat, merencanakan langkah berikutnya,”tandasnya.


Berkaitan dengan mendidik anak di Ramadhan, Ustadz Nafis membeberkan aktifitas yang bisa dilakukan bersama. Kegiatan Ramadhan dirancang sebagai berikut:


1. Tadarus Al-Qur’an

2. Sholat Berjamaah

3. Sahur dan Buka Bersama

4. Berbagi

5. Mendengarkan Kisah Islami

6. Bermain Puzzle Islami

7. Mendampingi Nonton Film Islami

8. Membaca Buku Islami


Lingkungan dan nuansa Ramadhan sangat mendukung perwujudan kegiatan di atas. Pendampingan orang tua sangat dibutuhkan. Seperti tadarus al-Qur’an dan sholat berjamaah, umat pun berbondong-bondong. 


Beberapa pertanyaan yang muncul di antaranya:


Bunda Farza dan Aisyah

Assalamualaikum,, ustadz bagaimana cara mendidik anak bg ibu yg singel Peren,,,kr kdg jam 03.30 sdh nyiapin makanan utk d jual .kl muroja'ah sm kakaknya tdk mau.terimakasih


Ayah Fatkur 

assalamualakum saya bertanya kalau ayah kerja sering luar kota,cuma komukasi lewat tlp ,ap bisa efektif mhon percerahannya.


Ayah Bambang H 

Assalaamu'alaikum.. Ust maaf sblmnya trlambat masuk krn wkt daerah kamu WITA. baru pulang taraweh. kebetulan anak2 kami ada yg umur 3 tahun. kakak2nya ada yang 5, 6, 12 dan 14 tahun. nah untuk anak kami yg masih 3 tahun sudah bisa juga nggak d ikutkan utk pembiasaan seperti penjelasan Ust tadi? trmksh


Satu persatu pertanyaan mendapatkan jawaban yang memuaskan. Langkah teknis dan praktis pun dibeber jelas. Sehingga ayah bunda yang hadir mampu memecahkan problem yang unik di setiap keluarga.


Peserta yang hadir begitu antusias mengikuti webinar Parenting Ways. Peserta menyimak dengan seksama dengan dibuktikan begitu seksama dan memperhatikan. Insya Allah agenda ini akan berkelanjutan. Jadi, ayah bunda yang belum hadir pada edisi perdana, bisa mendaftar di agenda berikutnya.[]

Posting Komentar

0 Komentar