Home

Temukan Informasi Terkini dan Terpercaya di PojokKota.com: Menyajikan Berita dari Sudut Pandang yang Berbeda, Menyajikan Berita Terkini Tanpa Basa-basi! www.pojokkota.com

Nicko Pandawa Sutradara Film Jejak Khilafah di Nusantara, terlihat sedang meneliti Makam Kuno?

Menekuni inskripsi makam seorang pembesar Aceh di masa-masa awal terbentuknya kesultanan ini. Inilah makam Sultan 'Ali Mughayat Syah (w. 1530).

Di atasnya nisannya, terukir sebuah kalimat luar biasa yang diilustrasikan sebagai sifat Sultan 'Ali Mughayat Syah, yaitu

الغازي في البر و البحر ينصره الله

Petarung di darat dan di laut, semoga Allah senantiasa menolongnya.

Dan memang, tatkala kita buka kitab-kitab tarikh, beliaulah yang begitu tangguh untuk menghajar orang-orang kaphe Portugis yang cari gara-gara di sepanjang Selat Malaka. Beliau juga yang menggalakkan jihad untuk menaklukkan wilayah-wilayah di Sumatera agar menjadi dar al-Islam.

Di atas semua itu, Sultan 'Ali Mughayat Syah tetap menyadari kedudukan dirinya. Ia menyadari bahwa masih ada kekuasaan yang lebih tinggi dibanding Kesultanan Aceh. Maka tak heran, apabila beliau menunjukkan kesetiaannya dengan membai'at Sultan Selim I, penguasa pertama dari kalangan Utsmaniyyah yang menjabat sebagai Khalifah dan Amir al-Mu'minin, dan menjalin komunikasi mesra dengan wazir agung Khalifah, Sinan Paşa.

Rahimahullah, Sultan 'Ali Mughayat Syah.

Posting Komentar

0 Komentar