Home

Temukan Informasi Terkini dan Terpercaya di PojokKota.com: Menyajikan Berita dari Sudut Pandang yang Berbeda, Menyajikan Berita Terkini Tanpa Basa-basi! www.pojokkota.com

Setidaknya 50 orang tewas akibat banjir bandang di Indonesia timur


Hujan deras di provinsi Papua memicu tanah longsor, merusak puluhan rumah


Setidaknya 50 orang telah tewas oleh banjir bandang di provinsi Papua timur Indonesia.
Banjir di Sentani, dekat ibukota provinsi Jayapura, dipicu oleh hujan lebat dan tanah longsor berikutnya pada hari Sabtu, dan juga menyebabkan 59 orang terluka.
Puluhan rumah rusak oleh banjir, kata juru bicara badan bencana nasional Sutopo Purwo Nugroho.
"Jumlah korban dan dampak dari bencana tersebut kemungkinan akan meningkat karena tim pencarian dan penyelamatan masih berusaha menjangkau daerah-daerah lain yang terkena dampak."
Air sudah surut tetapi para pejabat masih berusaha mengevakuasi orang.

“Tim pencarian dan penyelamatan bersama masih melakukan evakuasi dan tidak semua daerah yang terkena dampak telah dijangkau karena pohon tumbang, batu, lumpur dan material lainnya,” kata Nugroho.
Di Doyo, salah satu daerah yang paling terdampak, sebuah kompleks perumahan berserakan dengan batu-batu besar yang diyakini telah terguling dari gunung di dekatnya.
Rekaman video dari tempat kejadian menunjukkan penyelamat yang memberikan oksigen kepada korban yang tampak terjebak di bawah pohon tumbang.

Pohon-pohon yang tumbang dan puing-puing lainnya berserakan di jalan berlumpur, sementara di bandara kecil Jayapura, sebuah pesawat baling-baling tergeletak sebagian hancur di landasan.
“Hujan mulai semalam dan berlanjut sampai sekitar jam 1 pagi ini,” kata Lilis Puji Hastuti, seorang ibu berusia 29 tahun dari dua anak di Sentani.
“Rumah kami dibanjiri lumpur tebal ... Kami segera mengambil barang-barang berharga kami dan berlari ke rumah [dua lantai tetangga] untuk mengungsi.
"Sulit untuk keluar dari daerah itu karena banyak jalan yang terhalang ... Aku khawatir, sedih dan takut sekaligus."

Di Sentani, tenda telah didirikan untuk menampung korban banjir dan merawat yang terluka.
Provinsi Papua, Indonesia, berbatasan dengan Papua Nugini.
Banjir tidak jarang terjadi di Indonesia , terutama selama musim hujan yang berlangsung dari Oktober hingga April.
Pada bulan Januari, banjir dan tanah longsor menewaskan sedikitnya 70 orang di pulau Sulawesi, sementara awal bulan ini ratusan di provinsi Jawa Barat terpaksa diungsikan ketika hujan lebat memicu banjir hebat.
  


Posting Komentar

0 Komentar